Minggu, 29 Maret 2015

Hemat Listrik




Pernahkah kita berpikir apa itu listrik? Kenapa listrik ada?                                                    
Listrik adalah  energi untuk kehidupan manusia pada umumnya. Bisa di katakan penting dan juga bisa menimbulkan kematian contohnya terjadinya kebakaran yang di sebabkan konsleting listrik. Setiap benda terdiri dari bagian yang sangat kecil. Bagian kecil tersebut kemudian di sebut dengan molekul dan di bagi lagi menjadi bagian yang terkecil di sebut atom.  
     Di zaman modern ini hampir tidak seorang juga yang tidak mengenal listrik, hampir dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan listrik. Dari pagi sampai malam dan pagi kembali pasti ada saja yang di lakukan dengan memanfaatkan energi listrik. Jika tidak ada listrik bisa di bayangkan kota yang gelap gulita tanpa penerangan dari energi listrik. Dan kemungkinan juga daerah itu tidak bisa maju karena tidak ada listrik yang menjadi pendukung kelancaran kegiatan daerah tersebut.
      Saat ini kondisi listrik di Kalimantan Selatan semakin  terbatas. Oleh karena itu, sebagai pelajar  yang baik kita harus berusaha sebaik mungkin dan sebisa mungkin  untuk menghemat dan memanfaatkan energi  listrik yang ada ini dengan sebaik-baiknya. Dengan kata lain,  apabila sehabis menggunakan  energi listrik sebaiknya  di matikan saja agar tidak membuang-buang energi listrik. Dari waktu ke waktu listrik tidak dapat di pisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Jika tidak ada listrik mungkin apapun yang kita lakukan terasa kurang lengkap. Untuk itu apapun yang kita lakukan dengan listrik sebaiknya di pertimbangkan terlebih dahulu  agar sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan keluarga. Karena semakin banyak kita menggunakan energi listrik maka semakin banyak pula biaya yang harus di keluarkan  begitu pun sebaliknya  jika kita bisa menghemat energi listrik lebih banyak lagi maka biaya yang di keluarkan pun menjadi sedikit. Dengan begitu kita bisa menghemat pendapatan  dan bisa di gunakan untuk kepentingan lain.
         Setiap hari tentu kita memanfaatkan energi listrik yang ada di rumah untuk berbagai keperluan yang kita inginkan. Banyak hal yang perlu di perhatikan saat menggunakan energi listrik yang ada di rumah. Misalnya menggunakan energi listrik secara berlebihan dapat mengakibatkan ketidak seimbangan antara pendapatan dengan energi listrik yang kita gunakan. Selain itu juga, energi listrik yang di gunakan harus sesuai dengan waktu agar tidak terjadi pemborosan.

 Misalnya menyalakan lampu pada siang hari atau lupa mematikan lampu. Jika hal itu terus di biarkan saja secara terus menerus dan kita acuh tak acuh maka yang akan terjadi adalah energi listrik menjadi terbuang percuma, biaya yang di keluarkan pun bertambah besar, yang seharusnya bisa berguna untuk keperluan lain menjadi keperluan untuk membiayai itu-itu saja.
Contoh sehari-hari yang sering  kita lakukan dalam memanfaatkan enegi listrik yaitu menyetrika, memasak nasi, nonton tv, dan lain sebagainya yang dapat di lakukan dengan  memanfaatkan energi listrik.
Semuanya itu dapat berjalan dengan baik apabila kita juga memanfaatkannya dengan baik pula. Untuk itu mulai dari sekarang kita harus bisa menyusun skala prioritas tentang pemanfaatan energi listrik agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.
      Lalu bagaimanakah upaya yang dapat kita lakukan sekarang umtuk memanfaatkan energi listrik yang semakin terbatas ini. Apalagi saat ini biaya listrik semakin mahal. Untuk itu kita harus pandai-pandai memanfaatkan dan menghemat energi listrik agar semuanya bisa terpenuhi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita tetapi tetap menghemat energi listrik yang ada ini.
        Memanfaatkan dan menghemat energi listrik juga bisa di lakukan di lingkungan sekolah dan dengan berbagai cara yang dapat di lakukan. Misalnya memanfaatkan energi listrik untuk keperluan belajar mengajar dan setelah selasai menggunakan langsung di matikan saja. Menyalakan kipas angin ketika cuaca panas saja dan mematikan lampu seusai pulang sekolah. Dengan begitu kita sudah menghemat banyak energi listrik. Ingatlah apapun yang kita lakukan .
Berikut cara cara menghemat energi :
1.      Menggunakan lampu hemat energi. Misalnya lampu neon yang lebih bersifat hemat daripada lampu bohlam. Di siang hari dapat menggunakan penerang alami secara optimal.
2.      Membentuk perilaku dan kebiasaan diri untuk menggunakan listrik saat di perlukan, secara bergantian, dan tidak berlebihan.
3.      Mematikan televise, keran air,komputer atau laptop, lampu jika sudah tidak di gunakan.
4.      Jika memungkinkan mengeringkan pakaian dengan cara alami di bawah sinar matahari
5.      Menggunakan alat rumah tangga yang bersifat hemat energi

Oleh karena itu, sebaiknya kita memulai menghemat penggunaan energi di manapun kita berada, di rumah, di sekolah, di masyarakat, dan lingkungan sekitar kita. Dengan demikian bumi menjadi tempat tinggal yang nyaman  dan lestari.










                                                                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar